Hubungan Antara Game dengan Belajar dalam Kehidupan

Hubungan Antara Game dengan Belajar dalam Kehidupan

hubungan antara game dan belajar



Salam Sejahtera bagi kita semua...udah lama Admin tidak update post terbaru di blog.
Sekarang saya akan membagi sebuah angan-angan atau khayalan saya pada suatu hari.
Pada suatu malam saya pernah berkhayal tentang bagaimama kehidupan ini. Khayalan saya
semakin panjang dan kesimpulan yang saya ambil ''Hubungan Antara Game dengan Belajar dalam Kehidupan''. Mungkin ini hanya sebuah cerita dari...somoga bermamfaat untuk yang membaca :D 
Langsung saja saya awali dengan pengertian GAME dan BELAJAR

GAME

Dalam kamus bahasa Indonesia istilah “Game” artinya permainan.
Kata GAME itu sendiri berasal dari bahasa Inggris. Sebuah game adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan.
Disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan rekayasa atau buatan. Dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan.
Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa dan orang bermain game terkadang membuat lupa waktu mereka menghabiskan waktu bermain game 3-7 jam dalam sehari. Games sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.
          
Menurut Clark C. Abt, Game adalah kegiatan yang melibatkan keputusan pemain, berupaya mencapai tujuan dengan “dibatasi oleh konteks tertentu” (misalnya, dibatasi oleh peraturan). Menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional” terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. \

BELAJAR:
Belajar merupakan kegiatan berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap jenjang pendidikan. Dalam keseluruhan proses pendidikan,  kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting dalam keseluruhan proses pendidikan.

Mampe-Maisztre
Belajar adalah proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari. Kegiatan belajar tersebut ada yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di tempat lain seperti di museum, di laboratorium, di hutan dan dimana saja. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri dan akan menjadi penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar.

Menurut Vernon S. Gerlach & Donal P. Ely dalam bukunya teaching & Media-A systematic Approach (1971) dalam Arsyad (2011: 3) mengemukakan bahwa “belajar adalah perubahan perilaku, sedangkan perilaku itu adalah tindakan yang dapat diamati. Dengan kata lain perilaku adalah suatu tindakan yang dapat diamati atau hasil yang diakibatkan oleh tindakan atau beberapa tindakan yang dapat diamati”.

""Jika anda seorang gamers sejati tentu anda banyak menghabiskan waktu untuk bermain game..dalam sehari
rata-rata seorang gamers menghabiskn waktu nya 3-7 jam hanyak untuk bermain game.Bermain game memang baik untuk melatih tingkat konsentrasi seseorang, namun jika berlebihan juga akan memberikan dampak kepada seorang yang kecanduan games. Jika seorang menghabiskan waktu nya hanya untuk bermain games..mungkin baginya itu hal yang biasa ada seorang games yang bahkan rela begadang hanya untuk sebuah kesenangan. Bermain game bukan selalu menghasilkan dampak negatif,ada seorang games dia rela bermain game namun untuk menambah uang saku..dengan cara berjualan dalam game atau cara apapun.Seandainya saja waktu bermain game kita gunakan untuk membaca 3-7 jam dalam sehari itu sangat bermamfaat untuk nya kelak di masadepan. Dari membaca kita akan dapat ilmu yang sangat berguna untuk diri kita sendiri maupun bagi orang lain. Namun kita sulit jika menerapkannya dalam kehidupan kita. Misalkan saja dalam kita memiliki MISI dan Tujuan dalam sebuah game untuk menjadi yang terhebat dalam game tentu kita harus menguasai seluk beluk game tersebut untuk menjadi yang terbaik dalam sebuah game. Dalam game kita pasti nya tidak langsung dapat ke tahap akhir karena kita harus melawati proses dalam game tersebut untuk dapat melanjutkan ke tahap terakhir. Dalam hal ini jika kita mengibaratkan sebuah buku menjadi game pasti kita akan terikat dengan buku tersebut,dalam buku yang menjadi misi utama kita adalah sebuah soal yang harus kita pahami dan dapat kita kuasai agar dapat ke tingkat selanjutnya. Dengan sering nya kita menjalankan misi alias mengerjakan soal maka kita akan dapat menguasai ilmu seperti hal nya game""

*Maaf jika ada kesalahan pada artikel ini maklum admin nya masih newbie,ini hanya sebuah angan belaka
karena admin juga gamers dan itu berdasarkan kenyataan saya ketika sering bermain game,Namun "admin belum bisa terapkan seperti khayalan di atas :D